Tag

main

Warung Gosip – Kabar duka menggelimuti langit sepakbola, setelah legenda Belanda dan Barcelona, Johan Cruyff tutup usia pada usia 68 tahun.

World Of Johan Cruyff, official website milik legenda Barcelona tersebut menulis “Johan Cruyff 1947-2016″. Cruyff tutup usia pada hari Kamis 24/03/16 setelah perjuangannya melawan penyakit kanker paru-paru sudah selesai.

Pada 24 Maret 2016, Johan Cruyff (68 tahun) telah meninggal dengan tenang di Barcelona, ditemani oleh keluarganya setelah berjuang melawan penyakit kanker. Dukacita yang sangat dalam kami sampaikan, dan kami meminta kesediaan untuk memberikan ruang pribadi kepada pihak keluarga selama masa berkabung ini,” lanjut situs resmi tersebut.

Cruyff telah menjadi ikon sepakbola baik sebagai pemain ataupun pelatih. Ia adalah pesepakbola yang mempunyai ciri khas tersendiri dan mencetus Total Football yang merupakan gaya andalan dari timnas Belanda. Cruyff sendiri sukses sebagai pemain dan pelatih. Sebagai pemain ia pernah merasakan gelar juara bersama Ajax Amsterdam, Barcelona dan Feyenoord.

Sebagai pelatih, prestasinya tidak kalah mentereng setelah menyabet banyak gelar juara bersama Ajax dan dan Barcelona, terikut European Cup (sesudahnya bernama Liga Champions) pada 1992 bersama Barcelona.

Akademi terkenal La Masia milik Barcelona merupakan gagasan langsung dari pesekpakbola yang terkenal dengan gaya Cruyff Turn tersebut. Dari akademi tersebut lahir pemain-pemain yang kelak menjadi pemain penting bagi Barcelona dan timnas Spanyol

Iklan