Tag

,

Foto-Zaskia-Gotik-di-acara-Dahsyat-RCTI-segmen-Cerdas-Cermat-Bersama-Cecepy

Warung Gosip – Acara Dahsyat RCTI menayangkan sesuatu yang baru pada tanggal 17 Maret 2016. Acara infortaiment tersebut menampilkan artis Zaskia Gotic yang menghina lambang negara Pancisila Sila ke-5. Artis tersebut menyatakan bahwa Sila ke-5 Pancasila yang berlambang Padi dan Kapas.

Akibat perkataan tersebut, banyak pihak yang menerima imbasnya, yaitu RCTi sebagai pihak yang menayangkan acara tersebut dan acara infortainment Dahsyat sebagai pihak “developer” pun menerima teguran langsung dari KPI Pusat.

KPI dalam isi surat teguran tersebut menjelaskan secara detail bagian mana di acara Dahsyat RCTI yang dilanggar peraturannya. Menurut KPI segmen “Cerdas Cermat Bersama Cecepy” adalah pelanggaran.

Pihak KPI Berujar:“Program tersebut menampilkan segmen ‘Cerdas Cermat Bersama Cecepy’,”

Trio Cecepy ini terdiri dari 3 artis yang cukup terkenal di Indoensia yaitu Zaskia Gotik, Ayu Ting Ting dan Julia Perez. Dan pada segmen yang dibawakan oleh 3 artis tersebut terdapat pertanyaan seputar proklamasi dan lambang sila ke-5 dari Pancasila yang jawabannya dinyatakan seenaknya oleh Zaskia gotil.

“Pada Segmen itu terdapat pertanyaan tanggal berapa Proklamasi dan Zaskia Gotik menjawab, ‘Setelah adzan subuh tanggal 32 Agustus’. Kemudian pertanyaan, ‘Apa lambang dari Pancasila, sila ke-5?’, pemilik ‘Goyang Itik’ ini menjawab ‘Bebek Nungging’.”

Dari jawaban yang dilontarkan oleh Zaskia Gotik, pihak KPI menyatakan bahwa perkataan artis tersebut sangat menghina dan merendahkan kehormatan lambang negara Indonesia. Dan 32 Agustus adalah jawaban yang melecehkan perjuangan bangsa Indonesia yang dicapai dengan susah payah oleh para pahlawan yang gugur pada masa lampau.

Teguran ini merupakan yang kali keduanya untuk acara Dahsyat RCTI yang di host oleh Raffi Ahmad, Ayu Dewi, dan Danny Cagur ini.

Pada penutup surat teguran tersebut, KPI mengingatkan secara keras bahwa program Dahsyat melakukan perbaikan dalam tayangannya kedepan supaya hal semacam ini tidak terjadi lagi.

Tidak berakhir sampai disitu, Netizan yang mengetahui penghinaan ini meminta KPI untuk lebih berani dan tegas yang dimana kemauan Netizen tersebut adalah program Unggulan RCTI ini ditutup atau tidak ditayangkan lagi.

Para netizen membandingkan acara Dahsyat dengan program YKS “Yuk Keep Smile” dihentikan karena ditetapkan melakukan pelanggaran berat. Kasusnya karena program YKS dianggap menghina Benyamin S.

Kami merangkum beberapa kicauan para Netizen

“Teguran kok dua kali, kalo kedua itu sanksi pak/bu, jangan pilih2 dong, klo YKS aja Bungkus knpa DA ngga?? tegakkan keadilan,mksh,” tulis akun @prasetyo_bilsky.

“Yks menyinggung personal n dihentikan apa kbr dgn sila n lambangnya?? personalkahhh?? ataukah bangsa..inikah edukasi?” tulis akun netter @elizamauliayu.

Kicauan para netizen itu bermaksud bahwa program tersebut sudah menghina lambang negara yang menyangkut semua masyarakat Indonesia, bukan menghina perorangan lagi.

Dilain pihak, perwakilan program musik Dahsyat, Sambodo dan Jahja I Rianto (Opa), bersama Corporate Secretary RCTI, menyampaikan permohonan maaf ketika bertemu dengan Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) pusat, hari Kamis (17/3/2016).

Iklan