Tag

,

smptn

Warung Gosip – Ketua Umum Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2015 Rochmat Wahab mengatakan, ada 5 hal penting yang harus diperhatikan peserta yang lolos SNMPTN. Baik melalui jalur reguler maupun Bidikmisi.

Pertama, kata Rochmat, status penerimaan peserta SNMPTN sebagai mahasiswa di Perguruan Tinggi Negeri (PTN) tujuan akan ditentukan berdasarkan verifikasi data akademik seperti rapor dan portofolio asli. Proses verifikasi data akan dilaksanakan oleh masing-masing PTN tempat peserta SNMPTN diterima.

Sementara untuk peserta SNMPTN yang melalui jalur Bidikmisi akan ditambah survei atau peninjauan tempat tinggal dan verifikasi data ekonomi.

“Jika tidak lolos verifikasi ekonomi, akan ada 2 kemungkinan,” ujar Rochmat dalam keterangan resminya di Gedung D Kemendikbud, Senayan, Jakarta, Sabtu (9/5/2015).

Pertama, kata dia, statusnya untuk diterima di PTN akan menjadi reguler. Artinya tidak mendapat beasiswa Bidikmisi. Kedua, jika terbukti memalsukan data, peserta bisa terancam dicoret dari PTN tujuan.

Hal lain yang perlu diperhatikan adalah peserta harus hadir pada saat registrasi ulang 9 Juni 2015 mendatang ke masing-masing PTN tujuan. Kehadiran ini juga menentukan proses verifikasi dan penerimaan peserta SNMPTN sebagai mahasiswa PTN tujuan.

“Ini penting dilakukan. Karena jika peserta yang dinyatakan lolos itu tidak mendaftar ulang, secara otomatis dia telah menutup peluang orang lain. Itu kasihan, karena yang ingin masuk PTN itu banyak sekali,” papar dia.

Rektor Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) ini juga menjelaskan, peserta SNMPTN secara otomatis ditetapkan sebagai mahasiswa di PTN tujuannya jika dinyatakan lolos verifikasi.

Dan yang terakhir, syarat, ketentuan, dan jadwal registrasi ulang bisa dilihat di laman resmi masing-masing PTN tujuan peserta.

Tahun 2015 ini, sebanyak 137.005 dari total 852.093 siswa yang mendaftar dinyatakan lolos SNMPTN. Dari jumlah tersebut yang lolos, 105.097 di antaranya melalui jalur reguler, dan 31.908 lainnya jalur beasiswa Bidikmisi.

Pengumuman kelulusan ini bisa dilihat di http://www.snmptn.ac.id sejak jam 17.00 WIB tadi. Selain itu juga bisa dilihat di halaman resmi UI, ITB, ITS, UNDIP, UNAIR, UGM, UNSRI, UNHAS, UNTAN, UNAND dan IPB.

sumber

Iklan