Tag

,

rupiah

Warung Gosip – Nilai tukar rupiah menunjukkan tren penguatannya di pekan kedua Februari ini.

Pergerakan mata uang rupiah menunjukkan tren penguatan yang menjaga nilai tukarnya berada di bawah Rp 13.500 per dollar Amerika Serikat.

Berdasarkan data perdagangan hari ini, Jumat, 12 Februari yang dikutip dari Reuters, rupiah dibuka pada level Rp 13.426 per dollar AS. Meski sempat melemah ke level Rp 13.520 dan menguat di level Rp 13.433, akhirnya nilai tukar rupiah ditutup melemah sedikit di Rp 13.480. Masih di bawah Rp 13.500 per dollar AS.

Pengamat dari NH Korindo Securities Indonesia Reza Priyambada menyatakan setelah berhasil mematahkan trend pelemahannya, penguatan Rupiah terjadi juga akibat spekulasi dana asing. Dana-dana itu kembali mengalir ke pasar finansial baik dalam sektor obligasi maupun ekuitas setelah ekonomi Indonesia terlihat semakin membaik.

Kembalinya Indonesia dalam outlook layak investasi oleh para lembaga pemeringkat, membuat pelaku pasar kembali melihat fundamental ekonomi Indonesia semakin membaik dimana sebelumnya para investor sempat menilai bearish untuk Indonesia di tahun ini.

“Support Rupiah 13.550 serta Resisten 13.425. Tetap cermati sentimen yang ada terhadap laju Rupiah,” tandasnya.

Sumber

Iklan