Tag

, , ,

medium_a4c246694eed3ef2c001943a7f9b6b55

Warung GosipBrasil telah memperingatkan wanita hamil untuk menjauh dari Olimpiade 2016. Hal ini tak lepas dari pengumuman Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) terkait keadaan darurat internasional lantaran virus Zika. Virus ini bisa mengakibatkan bayi mengalami kerusakan otak.

WHO mengatakan, virus yang disebarkan oleh nyamuk ini membuat situasi dunia saat ini waspada. Keadaan darurat atas kesehatan masyarakat pun menjadi pusat perhatian internasional atas wabah virus Zika ini.

Peringatan atas bahaya virus itu diumumkan hanya enam bulan jelang upacara pembukaan Olimpiade 2016 pada 5 Agustus mendatang.

”Risiko atas penyebaran virus ini sangat serius, terutama untuk wanita hamil. Hal ini jelas tidak dianjurkan bagi wanita hamil (melakukan perjalanan ke menyaksikan Olimpiade), karena kami tidak ingin mengambil risiko itu,” kata Kepala Staf Presiden Brasil, Dilma Rousseff, Jaques Wagner.

Wagner berusaha mengecilkan kekhawatiran bagi para atlet Olimpiade dan fans yang akan datang ke Rio.

”Saya mengerti atas kekhawatiran itu, tapi tidak ada yang perlu ditakuti jika Anda tidak hamil,” katanya.

Presiden Komite Olimpiade Internasional (IOC), Thomas Bach mengatakan, deklarasi WHO meningkatkan kesadaran lebih. Selain itu, Bach menyebut peringatan itu membuat lebih banyak sumber daya untuk melawan virus tersebut.

Pejabat IOC kini menjalani komunikasi serius dengan WHO.

”Tidak ada larangan perjalanan. Ajang ini juga akan berlangsung pada musim dingin di Brasil dan ini bukan waktu yang bagus untuk nyamuk berkembang biak,” ucap Bach.

”Faktor-faktor ini membuat kami sangat yakin bahwa pada saat Olimpiade berlangsung, semua ada pada kondisi yang baik untuk atlet dan penonton,” kata Bach.

Zika pertama kali terdeteksi di Uganda pada 1947, tapi itu dianggap sebagai penyakit yang relatif ringan penanganannya. Namun, virus itu membuat ”ramai” saat dinyatakan menyebar di Amerika Latin tahun lalu.

Brasil adalah negara pertama yang membunyikan alarm tanda bahaya pada virus itu banyak menyebabkan bayi lahir cacat. Otoritas kesehatan Negeri Samba melihat lonjakan bayi yang lahir dengan microcephaly.

Iklan