Tag

, , ,

ilustrasigempaafpcvr

Warung Gosip –  Wilayah pantai timur Taiwan diguncang gempa bumi berkekuatan 6,6 Skala Richter (SR). Getaran gempa dilaporkan menggoyang gedung-gedung bertingkat di ibukota Taipei. Gempa ini disebut memicu tsunami setinggi 1 meter di kepulauan Okinawa, Jepang bagian selatan.

Survei Geologi Amerika Serikat (USGS) mencatat gempa mencatat gempa ini berkakuatan 6,6 SR, namun Biro Prakiraan Cuaca Pusat Taiwan mencatat gempa bumi ini hanya berkekuatan 6,3 SR yang melanda pada Senin (20/4) pagi setempat, sekitar pukul 01.43 GMT.

Sedangkan otoritas Jepang mencatat gempa bumi ini berkekuatan 6,8 SR. Demikian seperti dilansir AFP dan Reuters, Senin (20/4/2015).

Pusat gempa ini dilaporkan berada di lokasi sejauh 71-75 kilometer sebelah timur Hualian, Taiwan. Kedalaman gempa, menurut Badan Prakiraan Cuaca Taiwan, mencapai 17 kilometer dari permukaan air laut. Sedangkan USGS menyebut pusat gempa berada di kedalam kurang dari 1 kilometer.

Saksi mata menuturkan, banyak gedung bertingkat di Taipei yang bergoyang ketika gempa terjadi. Namun demikian, tidak ada kerusakan besar yang terjadi di wilayah Taiwan akibat gemp ini.

Sementara itu dalam keterangan terpisah, otoritas Jepang menyatakan tsunami lokal setinggi 1 meter melanda wilayah Okinawa bagian selatan. Media Jepang NHK melaporkan tsunami lokal tersebut telah tiba di wilayah terpencil Yonaguni yang terletak dekat dengan wilayah Taiwan.

“Kami mengeluarkan peringatan lewat radio. Kami ingin semua warga untuk menjauh dari laut,” terang pejabat pemerintahan Miyako City, Satoshi Shimoji kepada NHK.

Secara terpisah, Pacific Tsunami Warning Centre dalam keterangannya menyatakan tidak ada ancaman tsunami secara luas akibat gempa di Taiwan ini. “Berdasarkan seluruh data yang ada… tidak ada ancaman tsunami dari gempa bumi ini,” demikian bunyi pernyataan tersebut.

Iklan